Dwi Sutrisniwati

Lahir tgl. 6 Oktober 1971 dari seorang penjaga sekolah yg berkeinginan agar anak2nya mjd guru. Mengajar di SDN puhgogor 01, ingin mjd org yg bermanfaat bg org ...

Selengkapnya
ANTARA SABDA RASULULLAH DAN SOPIR ANGKOT

ANTARA SABDA RASULULLAH DAN SOPIR ANGKOT

Antara sabda Rasulullah dan sopir angkot_dwisutrisniwati. Suatu hari para sopir angkot saling menyalip untuk berebut penumpang.

Tak jauh di depan angkot yang kutumpangi ada seorang ibu bersama ketiga anaknya berdiri di tepi jalan.

Aku melihat setiap angkot yang berhenti dan berbicara dengan si ibu, langsung melaju kembali, hal ini terus terulang berkali-kali.

Saat angkot yang kutumpangi berhenti, si ibu bertanya:

“Dik, lewat terminal bis ya?”

“Iya, Bu”, jawab sopir angkot.

Si ibu tak segera naik, berkata lirih,

“Tapi saya bertiga dengan anak-anak. Saya tidak punya ongkos.”

Sambil tersenyum, sopir muda itu menjawab,

"Tidak apa-apa Bu, naik saja!"

Si Ibu masih tampak ragu, sang sopir mengulangi perkataannya,

“Ayo Bu, silahkan naik! Toh saya juga lewat terminal bis."

Akhirnya dengan perasaan ragu si Ibu masuk ke dalam angkot diikuti ketiga anaknya.

Disaat sopir angkot lain berlomba mencari penumpang mengejar setoran, sopir yang satu ini merelakan 4 seat kursi penumpangnya untuk dinaiki secara gratis. Tanpa mengeluh, tanpa menggerutu. Justru dengan senyum keikhlasan yang terpancar dari wajahnya. Dalam hatiku berdecak kagum melihat kebaikan hati sang sopir angkot.

Sampai di terminal bis, si Ibu dan ketiga ansknya pun turun. Mereka mengucapkan terima kasih kepada sang sopir. Namun di belakangnya, ada seorang penumpang pria turun dan membayar Rp 25.000. Ketika Sopir akan memberikan yang kembalian, pria itu berkata,

"Untuk ongkosku dan 4 penumpang tadi. Teruslah jadi orang baik ya dik!" kata pria tersebut kepada sopir angkot itu.

Hari itu, aku melihat tiga sosok manusia yang saling mendukung dalam berbuat kebaikan.

1. Seorang ibu yg jujur.

2. Seorang sopir yg baik hati.

3. Seorang penumpang yg dermawan.

Hidup ini hanya sekali dan begitu singkat. Marilah kita berusaha untuk selalu berbuat baik, jangan berhenti dan jangan pernah merasa lelah. Berbuat baik adalah salah satu perintah Allah yang harus kita laksanakan setiap waktu. Rasulullah SAW bersabda,

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni).

Hadis di atas menunjukkan bahwa Rasullullah SAW menganjurkan umatnya untuk berbuat baik terhadap orang lain dan makhluk lainnya. Berbuat baik adalah indikator seorang mukmin yang sebenarnya. Eksistensi manusia ditentukan oleh bagaimana ia bisa memberi manfaat kepada orang lain.

Balasan bagi orang yang berbuat baik, antara lain:

1. Berbuat baik pada diri sendiri.

Allah berfirman, “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri.” (QS Al-Isra:7).

Dalam ayat yang lain Allah juga menjelaskan bahwa,

“Barang siapa yang mengerjakan amal saleh maka itu adalah untuk dirinya sendiri, dan barang siapa mengerjakan kejahatan, maka itu akan menimpa dirinya sendiri, kemudian kepada Tuhanmulah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Jatsiyah: 15).

2. Mendapat balasan kebaikan

Allah berfirman,

“Dan setiap kebaikan yang kalian lakukan akan dibalas dengan kebaikan pula,” (QS. Ar-Rahman: 60).

Orang yang berbuat baik akan mendapatkan balasan kebaikan di dunia dan di akhirat. Mereka akan ditempatkan di surga yang kekal dan penuh dengan kenikmatan yang tidak ada bandingannya dengan kenikmatan di dunia.

3. Dihapus dosanya.

Dalam salah satu ayat di Al-Quran dijelaskan,

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat” (QS. Huud: 114)

4. Dicintai banyak orang.

Orang yang selalu berbuat baik namanya akan harum semerbak. Bahkan apabila sudah meninggal namanya tetap harum menjadi cerita teladan yang akan menginspirasi orang banyak.

5. Dijaga oleh Allah SWT.

Orang yang berbuat baik akan dijaga oleh Allah SWT. Apabila ia sedang kesulitan atau butuh pertolongan, maka Allah beri penolong melalui tangan orang-orang yang sudah merasakan kebaikan-kebaikan darinya.

Nah itulah diantara balasan yang akan diberikan Allah untuk orang yang selalu menyebarkan kebaikan kepada sesama manusia dan makhluk lain. Marilah kita isi kegiatan keseharian kita dengan berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya Lillahi ta’ala. Tidak perlu harus kaya untuk melakukan kebaikan.

Selamat berlomba-lomba dalam kebaikan.

Fastabiqul khoirot. Apalagi sekarang bulan ramadhan, balasannya akan berlipat ganda.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Subhanallah, ibu menjadi saksi kejadian yang luar biasa. Benar, harus ditulis supaya orang lain ikut merasakan, syukur suatu saat bisa menirukan. Amin

17 May
Balas

Alhamdulillah Bunda Sumintarsih. Kata org bijak, jk ada hal baik hrs berbagi... Begitu yaaa... Smg cerita ini dpt memberi inspirasi dan motivasi bg saudara yg lain utk berbuat baik, apalagi ini momentnya pas bulan ramadhan. Terima kasih Bunda suportnya. Selamat berpuasa... ☺

17 May

Cerita yang bisa dijadikan teladan hidup.Terima kasih bunda

17 May
Balas

Alhamdulillah. Njih, terima kasih Bunda Dyahni Mastutisari, smg kt jg bs berbagi dg apa yg kt py maupun yg kt bs... Selamat berpuasa Bunda, smg sehat sll ☺

17 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali